Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Terbaru Petunjuk Teknis Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) Tahun Pelajaran 2024/2025

Salam Sejahtera Sahabat Semua,

Semoga dalam keadaan sehat wal afiat dan tetap semangat, Kementerian Agama Republik Indonesia melalui laman kemenag.go.id sudah mengabarkan tentang petunjuk teknik atau peraturan terhadap pelaksanaan masa taaruf siswa madrasah atau biasa disingkat MATSAMA pada tahun pelajaran 2024/2025. Adapun Juknis dan Surat Edaranya adalah sebagai berikut di bawah ini :

Bapak ibu sahabat madrasah untuk pelaksanaan matsama sebagian besar daerah kantor wilayah atau kabupaten kota menggunakan petunjuk teknis matsama tahun pelajaaran sebelumnya. seperti contoh dari Kanwil Jawa Timur untuk contoh Petunjuk Teknis Pelaksanaan Matsama Tahun Pelajaran 2024/2025 mempedomani juknis tahun lalu. Adapun juknis matsama dari Kanwil Jawa Timur adalah sebagai berikut :

Hal serupa juga dilakukan kemenag kota balangan kanwil kalimantan selatan, Paringin (Kemenag Balangan) – Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Penmad) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Syaipul Hadi, MM menyatakan bahwa Petunjuk Teknis (Juknis) Pelaksanaan Masa Ra'aruf Siswa Madrasah (Matsama) Tahun Pelajaran 2024/2025 akan tetap menggunakan Juknis yang berlaku pada Tahun Pelajaran 2023/2024.

"Berdasarkan intruksi dari pusat, ditetapkan untuk menggunakan Juknis dari tahun lalu sebagai pedoman pelaksanaan Matsama tahun ini. Keputusan ini diambil untuk mencegah kebingungan dan menghindari kemungkinan masalah administratif maupun teknis di kemudian hari," ujar Syaipul saat dimintai keterangan di ruang kerjanya, Kamis (27/06/2024)

Menurut Syaipul, menggunakan Juknis yang sama dari tahun sebelumnya memiliki sejumlah keuntungan penting, terutama dalam hal kesinambungan dan kepastian operasional.

“Juknis Tahun Pelajaran 2023/2024 telah terbukti efektif dan dapat diterapkan dengan baik oleh madrasah-madrasah kita. Oleh karena itu, kami merasa lebih bijaksana untuk mempertahankan pedoman ini sementara kita terus mengevaluasi dan memperbaiki Juknis tersebut untuk tahun-tahun mendatang,” jelasnya.

Selain itu, Syaipul menekankan bahwa mengikuti Juknis yang ada akan membantu madrasah dalam mempersiapkan Matsama dengan lebih baik.

“Dengan mempedomani Juknis yang sudah ada, madrasah-madrasah tidak perlu melakukan penyesuaian besar-besaran. Mereka dapat fokus pada implementasi dan memastikan bahwa setiap detail teknis dan administratif sesuai dengan standar yang ditetapkan.”

Selanjutnya Syaipul mengingatkan bahwa pelaksanaan Matsama harus mengikuti edaran dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Selatan (Kanwil Kemenag Kalsel).

“Edaran dari Kanwil Kemenag Kalsel sudah jelas menyebutkan bahwa Matsama dimulai pada tanggal 15 Juli 2024. Kami meminta agar semua madrasah mematuhi jadwal ini dan tidak melakukan Matsama di luar waktu yang telah ditetapkan,” tegasnya.

Adapun inti juknis dari Matsama Tahun Pelajaran sebelumnya ada beberapa Poin Penting Dari Juknis Tersebut :

Waktu dan Tempat Pelaksanaan
1. Pelaksanaan Matsama bagi siswa baru dilaksanakan dalam jangka waktu tiga (3) hari pada minggu pertama awal tahun pelajaran.
2. Waktu pelaksanaan pada hari sekolah pada jam pelajaran dan dilaksanakan di lingkungan madrasah.
3. Bagi madrasah berasrama, madrasah di lingkungan pondok pesantren atau madrasah dan kekhususan lain dapat melaksanakan matsama dalam waktu, tempat dan jangka waktu sesuai kebutuhan, setelah melaporkan kepada Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota/Wilayah sesuai kewenangannya, disertai dengan rincian kegiatan Matsama yang direncanakan.

Materi
Untuk mencapai tujuan tersebut di atas, maka kisi-kisi materi Matsama yang disampaikan kepada siswa baru sebagai berikut:
1. Kemadrasahan (pengenalan lingkungan dan budaya madrasah):
a) Profil singkat madrasah (visi-misi dan keunggulan);
b) Fasilitas dan infrastruktur pendukung pembelajaran;
c) Tata tertib, nilai dan norma yang berlaku;
d) Sistem pembelajaran dan cara menyiapkan diri belajar secara efektif;
e) Perkenalan guru dan tenaga kependidikan; serta
f) Kegiatan ekstrakurikuler dan organisasi kesiswaan.

2. Moderasi Beragama; cara mengamalkan ajaran agama dalam konteks kehidupan bersama, berbangsa dan bernegara yang harmoni dengan tetap menjaga;
a) Komitmen kebangsaan (Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan UUD 1945);
b) Toleransi dengan menerima perbedaan dan menghargai kepada pihak yang berbeda;
c) Anti kekerasan dalam memperjuangkan kebenaran dan keyakinan; dan
d) Akomodatif terhadap budaya dan kearifan lokal.

3. Nilai-nilai madrasah:
a) Orientasi ibadah dalam proses belajar mengajar;
b) Tata krama/berakhlak dalam pergaulan dan ber-media sosial;
c) Pengenalan bentuk-bentuk kekerasan fisik, psikis (bullying), penelantaran, pelecehan seksual, korban narkoba dan kebiasaan merokok; dan
d) Pengenalan bagaiman pencegahan dan penanganan terhadap tindakan kekerasan fisik, psikis (bullying), penelantaran, pelecehan seksual, narkoba dan merokok.

4. Budaya dan kebiasaan kehidupan di madrasah:
a) Pola hidup bersih, sehat dan halal di lingkungan madrasah
b) Pembentukan sikap disiplin dan tanggungjawab,
c) Pengembangan mental mandiri dan berprestasi.

Adapun petunjuk teknis Matsama Terbaru meski dihalaman depan ada kanwil jabar tapi lengkap yang masih dapat dijadikan pedoman tahun pelajaran 2024/2025, silahkan klik di bawah ini :

Sumber : Kemenag

Demikian informasi penting ini, semoga kita semua dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa serta diberikan kesehatan selalu aaamiin. Semoga website ini mampu memberikan manfaat untuk semua. Follow website ini juga dengan klik ikuti/follow dan Jangan lupa SUBCRIBE, LIKE, COMMENT & SHARE Channel 

Agar tidak ketinggalan informasi silahkan bisa bergabung ke 

  1. Klik Gabung FB : Grup FB Ampuh Tutorials
  2. Klik Gabung Youtube : www.youtube.com/c/AmpuhTutorials
  3. Kalau ada yang ingin berdonasi silahkan klik : https://saweria.co/ampuhtutorials

Terima kasih tetap semangat selalu sahabat semua

#juknis #matsama #tapel #2024/2025

Post a Comment for "Terbaru Petunjuk Teknis Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) Tahun Pelajaran 2024/2025"