Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kemenag RI Tahun 2023 Akan membuka PPG Prajabatan, Ini Juknis PPG Prajabatan Tahun 2023 Kemenag RI

Salam sahabat semua

Kementerian Agama terus bersiap menyongsong penyelenggaraan Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan di Tahun 2023. Salah satu yang dilakukan adalah melakukan visitasi dan benchmarking ke beberapa perguruan tinggi penyelenggaraan PPG Prajabatan.

Perguruan tinggi tersebut antara lain Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Universitas Negeri Malang (UM), dan Universitas Islam Malang (Unisma). Ketiganya sudah berpengalaman dalam penyelenggaraan PPG Prajabatan.

Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah, Muhammad Zain mengatakan bahwa PPG Prajabatan di Kementerian Agama memiliki distingsi untuk mencetak New Teacher yang berkarakter MODIIS (Moderat, Inovatif dan Inspiratif). New Teacher tersebut diharapkan dapat menggantikan guru-guru yang akan dan telah pensiun.

Pengertian PPG Prajabatan

PPG Pra Jabatan diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan kualifikasi akademik S-1/Ma’had Aly yang memilih karir profesinya untuk menjadi guru. Kelompok ini merupakan calon mahasiswa program profesi yang belum diangkat sebagai guru tetap di lembaga pendidikan tertentu.

Tujuan PPG Prajabatan

Secara umum, Program PPG Prajabatan bertujuan untuk menghasilkan guru professional yang memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan bagi calon mahasiswa yang belum memiliki sertifikat profesi guru, belum menjadi guru tetap lembaga pendidikan, dan atau guru tetap yang tidak mengikuti program PPG dalam jabatan. Secara khusus PPG Prajabatan Kementerian Agama bertujuan untuk membentuk guru yang: 1) memiliki keutuhan spiritualitas keagamaan (being, knowing dan doing); 2) berkarakter dan berkepribadian Indonesia, berintegritas, menginspirasi dan menjadi tauladan, memiliki penampilan memesona, berwibawa, tegas, ikhlas, disiplin dan samapta; 3) mampu mendidik, membelajarkan, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi program pembelajaran; 4) mampu mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi, pola 10atin berkembang (growth mindset), dan High Literate CivilizationI; 5) menguasai materi ajar pada level advanced material terkait dengan “apa”, “mengapa”, “bagaimana” dan “untuk apa”; 6) mampu menerapkan technological pedagogical and content knowledge (TPACK) dan menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis teknologi sesuai dengan tuntutan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terkini dan masa depan; dan 7) mampu mewujudkan kepemimpinan pembelajaan (instructional leadership) yang transformatif, kreatif dan inovatif dalam pada satuan pendidikan (sekolah/madrasah/pesantren).

Persyaratan Calon Mahasiswa

Persyaratan sebagai calon mahasiswa Program PPG Prajabatan adalah sebagai berikut.

  1. Lulusan Program Sarjana dengan Program Studi terakreditasi minimal B (Baik Sekali);
  2. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sekurang-kurangnya 3,00 (tiga koma nol);
  3. Program studi S1 linier dengan bidang studi pada Program Studi PPG Prajabatan;
  4. Calon peserta terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) dan sistem manajemen informasi yang dikelola oleh Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama bagi lulusan Ma’had Aly; 
  5. Bebas Napza, yang dibuktikan dengan surat keterangan dari BNN atau yangberwenang (dibawa pada saat lapor diri);
  6. Sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter rumahsakit pemerintah/puskesmas (dibawa pada saat lapor diri);
  7. Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian(SKCK) dan dibawa pada saat lapor diri;

Alur Seleksi

Tahapan seleksi calon mahasiswa terdiri atas: seleksi administratif, seleksi akademik, dan seleksi bakat, minat, dan kepribadian. Mahasiswa diinformasikan tentang nilai awal berdasarkan hasil seleksi (UP 1) dan usaha yang harus dilakukan supaya berhasil menyelesaikan Program PPG serta Mahasiswa diberikan form pernyataan komitmen untuk ditandatangani. Alur sistem seleksi mahasiswa calon guru dapat dilihat pada Gambar di bawah ini :


Untuk lebih jelasnya sahabat semua bisa melihat Juknis Pelaksanaan PPG Prajabatan Kementerian Agama RI di bawah ini :

J

Dwonload juga disini

Demikina informasi terkait PPG Prajabatan Kemenag RI ini semoga bermanfaat

Jangan lupa SUBCRIBE, LIKE, COMMENT & SHARE channel www.youtube.com/c/AmpuhTutorials Agar tidak ketinggalan informasi silahkan bisa bergabung ke : Grup FB Ampuh Tutorials : https://www.facebook.com/groups/593085012453944

Sumber informasi : Kemenag RI, admin bawean news

Post a Comment for "Kemenag RI Tahun 2023 Akan membuka PPG Prajabatan, Ini Juknis PPG Prajabatan Tahun 2023 Kemenag RI"