Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pelaksanaan Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) Tahun Pelajaran 2022/2023

www.iinsolihin.com - Pelaksanaan Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) Tahun Pelajaran 2022/2023.

Kegiatan pembelajaran ra/madrasah tahun pelajaran 2021/2022 akan segera berakhir dalam hitungan minggu dan libur pun akan datang. Dalam masa libur tersebut terdapat masa penerimaan peserta didik baru baik RA atau Madrasah setelah itu akan ada kegiatan pengenalan lingkungan sekolah yang biasa disebut MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) oleh Sekolah di bawah Kemendikbudristek, sedangkan RA dan Madrasah mengenal yang namanya Masa Ta'aruf Siswa Madrasah yang disingkat MATSAMA sebagai kegiatan awal untuk memasuki tahun pelajaran baru sebelum melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara reguler sebagai tahapan adaptasi peserta didik dari jenjang sebelumnya menuju jenjang yang akan ditempuh.

Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam mengatur tentang pelaksanaan Masa Ta'aruf Siswa Madrasah ini guna terlaksana dengan baik dan sesuai prosedur dan peraturan perundang-undangan yang berlaku agar terwujud siswa madrasah yang mantap dalam beradaptasi di lingkungan madrasah ini.

Hal tersebut dituangkan dalam surat edaran Dirjen Pendis Nomor : B-1419/DJ.I/Dt.I.I/HM.01/06/2022 tertanggal 13 Juni 2022 perihal tentang Pelaksanaan Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) Tahun Pelajaran 2022/2023 di Raudhatul Athfal (RA) dan Madrasah. 

Pada intinya surat tersebut menjelaskan tentang Pelaksanaan Matsama yang meliputi pengenalan kegiatan rutin madrasah, fasilitas madrasah, ciri khas madrasah, nilai, norma dan tata tertib madrasah serta karakter dan budaya yang ada di lingkungan madrasah pada peserta didik baru harus mengacu seusai dengan peraturan yang tercantum dalam surat edaran ini.

A. Tujuan MATSAMA

  1. Mengenalkan kepada peserta didik baru mengenai lingkungan, nilai dan karakter madrasah. agar selama proses pembelajaran dapat tercipta rasa aman dan nyaman bagi pengembang seluruh potensi diri dan kemampuan mereka.
  2. Menumbuhkan kultur dan jiwa bangga kepada para peserta didik baru madrasah, agar mereka sejak dini dapat memahami, mencintai dan menjaga nama baik almaternya.
  3. Menanamkan dan memperkuat nilai-nilai moderasi beragama dan karakter keIndonesiaan kepada peserta didik baru.

B. Materi Yang Disampaikan Pada MATSAMA

  1. Kemadrasahaan (pengenalan lingkungan dan budaya madrasah) : yaitu a) Proses belajar dan mengajar; b) Fasilitas dan Infrastruktur Pendukung Pembelajaran; c) Tata Tertib, nilai dan norma yang berlaku; serta d) Kegiatan dan organisasi kesiswaan
  2. Moderasi Beragama : yaitu a) Wawasan Kebangsaan; b) Toleransi; c) Anti Kekerasan; dan d) Akomodatif terhadap budaya lokal
  3. Budaya Digital : yaitu a) Peran dan Fungsi Media Digital dan b) Etika Bermedia Digital

C. Waktu dan Tempat Pelaksanaan MATSAMA

      Waktu pelaksanaan selama tiga (3) hari pada minggu pertama awal tahun pelajaran pada saat hari pertama masuk sekolah dan jam pelajaran atau mengikuti/menyesuaikan kondisi madrasah. Sementara tempat pelaksanaan matsama adalah Lingkungan Madrasah.

D. Tanggung Jawab Pelaksana MATSAMA

  1. Kepala Madrasah bertanggung jawab penuh atas perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi matsama;
  2. Perencanaan kegiatan Matsama disampaikan oleh madrasah kepada orang tua / wali pada saat lapor diri sebagai peserta didik baru;
  3. Matsama wajib berisi kegaitan yang bermanfaat, bersifat edukatif, kreatif dan menyenangkan

E. Desain Pelaksanaan MATSAMA

        Mengingat pelaksanaan proses pembelajaran tahun pelajaran 2022/2023 sudah akan dimulai dengan pembelajaran tatap muka, tetapi madrasah harus tetap memperhatikan protokol kesehatan, maka desain pelaksanaan matsama, antara lain sebagai berikut :

Untuk Petunjuk Pelaksanaan lengkapnya silahkan bisa dwonload di sini




Post a Comment for "Pelaksanaan Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) Tahun Pelajaran 2022/2023"