Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Juknis KSM Tahun 2022

www.iinsolihin.com - Juknis KSM Tahun 2022 - Petunjuk Teknis Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2022.

Kompetisi Sains Madrasah atau yang lebih kita kenal dengan KSM pada tahun 2022 ini akan dilaksanakan kembali program dari Kementerian Agama Republik Indonesia ini adalah dalam rangka pengembangan dan penguatan ilmu pengetahuan dan teknologi, peningkatan mutu dan daya saing madrasah terutama dalam bidang sains, perlu menyelenggarakan kegiatan kompetisi sains madrasah.

Kompetisi sains madrasah juga merupakan sebuah kegiata yang digelar dan diadakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia sebagai wahana membangun ghirah kompetisi sains di kalangan siswa madrasah. Sejak awal digelar (tahun 2012), KSM telah menjadi ajang yang positif dalam membangun budaya kompetisi dan mulai tahun 2018 KSM berupaya mengelaborasi sains dengan konteks nilai-nilai Islam. Integritas sains dan konteks nilai-nilai Islam dalam KSM meliputi :

1. Soal-soal sains dalam KSM dielaborasi dengan konteks yang ada dalam Al-Qur'an;

2. Soal-soal sains dalam KSM menggali konsep serta terapan yang ada dalam Islam semisal zakat, falak dan tema lainnya dimaksudkan agar siswa tetap mengkaji konsep keislaman dengan sains yang holistik;

3. Soal keilmuan sains murni, ini dilakukan sebagai upaya tetap menyejajarkan siswa-siswa madrasah dengan siswa-siswa olimpiade sains di madrasah.

Berdasarkan pemikiran tersebut, Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam pada tahun 2022 kembali akan menyelenggarakan rangkaian kegiatan KSM. Kegiatan tersebut akan dimulai dari KSM tingkat Satuan Pendidikan (madrasah), KSM tingkat Kabupaten/Kota, KSM tingkat Provinsi hingga KSM tingat Nasional yang akan dilaksanakan di DKI Jakarta.

KSM tahun 2022 ini, soal akan menggunakan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, atau Bahasa Arab. Hal ini merupakan bentuk persiapan kegiatan KSM di masa mendatang yang akan Go Internasional, berkompetisi dengan beberapa negara sahabat. 

Penyelenggaraan KSM tahun ini juga sedikir berbeda dengan tahun 2021. Bila Tahun lalu, KSM tingkat Kabupaten/Kota dan KSM tingkat Provinsi diselenggarakan secara daring penuh. Pada skema ini, peserta mengikuti ujian dari tempat atau rumahnya masing-masing. Namun pada tahun 2022, KSM akan diselenggarakan dengan skema yang berbeda, yaitu Pelaksanaan ujian pada tingkat Kabupaten/Kota di Satuan Pendidikan (Madrasah) masing-masing atau tempat yang ditentukan oleh komite kabupaten/kota dan tingkat provinsi ditentukan oleh komite provinsi, Sementara tingkat Nasional akan bertempat di satu tempat yaitu DKI Jakarta.

Catat tanggal penting KSM 2022 :

Agar sahabat semua bisa mengikuti runtutan kegiatan KSM ini dengan baik dan benar silahkan bisa dwonload Petunjuk Teknis Penyelenggarakan KSM Tahun 2022 dengan klik gambar bawah ini :

Semoga bermanfaat untuk semuanya. terima kasih. sukses selalu dalam kegiatan KSMnya

CONTOH-CONTOH SOAL KSM TINGKAT MTS SILAHKAN

1. IPA
2. IPS
3. MATEMATIKA

Post a Comment for "Juknis KSM Tahun 2022"