Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PENDATAAN DI KEMENTERIAN AGAMA RI, OPERATOR MADRASAH WAJIB TAHU

iinsolihinsbg91.blogspot.com - Era digitalisasi di era industri 4.0 sangat krusial untuk semua lini baik pemerintahan, pendidikan dan juga masyarakat. begitu juga Kementerian Agama RI yang menaungi lembaga pendidikan formal dan non formal.

Bagi kita yang bertugas untuk mengurusi pendataan di madrasah tentu harus mengetahui website apa saja yang ada di Kementerian Agama RI, khususnya untuk madrasah baik Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan Aliyah.

Adapun link website pendataan yang ada di Madrasah secara garis besar, diantaranya sebagai berikut :

Pendataan Pokok 
1. EMIS (Education Management Information System)

    Emis ini adalah pangkalan data utama paling utama pada lembaga yang berada di bawah Kemenag RI, yang berisi data pokok lembaga, data siswa, data guru, data bantuan. Data pokok ini akan dijadikan data dasar untuk aplikasi-aplikasi tambahan yang lainnya seperti data bos, vervalpd, data penerima bantuan PIP, bioun, anbk, simsarpras, dan beberapa aplikasi lainnya. Kalau kita simpulkan Emis ini adalah paling utama diantara aplikasi lainnya.

    Emis terbaru menggunakan system kontrol and balancing atau bahasa mudahnya memiliki 2 akun
a. Akun input data yaitu akun operator

b. Akun persetujuan data yaitu akun kepala  

    Alamat website Emis : klik disini 

2. SIMPATIKA (Sistem Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan)

    SIMPATIKA ini adalah pangkalan data utama kedua pada lembaga yang berada di bawah Kemenag RI, yang berisi data pokok Kepegawaian dari madrasah atau lembaga yang dibawah naungan Kemenag RI. Simpatika ini datanya dijadikan landasan dasar untuk pencairan tunjangan-tunjangan seperti tunjangan profesi guru, tunjangan insentif guru, tunjangan khusus dan tunjangan kinerja juga.  

Simpatika juga hampir mirip dengan emis menggunakan system kontrol and balancing atau bahasa mudahnya memiliki 2.
a. Akun Kepala Madrasah yang punya 2 berfungsi untuk mengatur Lembaga, PTK, dan Kurikulum dan juga aktifasi akun kepala madrasah itu sendiri

b. Akun Pegawai masing-masing yang berfungsi untuk mengupdate biodata dan aktifasi keaktifan akun setiap persemester

Untuk website alamat Simpatka klik disini

Selain 2 pangkalan data pokok di atas, sebagai operator kemenag kita juga harus tahu beberapa pangkalan data lainnya yang saling keterkaitan satu sama lain. di bawah ini adalah beberapa pangkalan data yang sering dikerjakan oleh operator kemenag

Data Tambahan

3. SIMSARPRAS, alamat websitenya silahkan klik disini

    pangkalan data untuk mengetahui keadaan sarpras lembaga dan kita juga mengajukan proposal bantuan RKB, Rehab atau jenis bantuan sarpras  lainnya sesuai dengan juknis yang berlaku, data dasarnya dari Emis. 

4. VERVAL PD, alamat websitenya silahkan klik disini

    pangkalan data untuk mengetahui keadaan siswa lembaga yang fungsinya untuk pengecekan Data NISN, perubahan Identitas Dasar Siswa Seperti NIK, Tanggal Lahir, Nama Ibu. Data dasarnya adalah dari Emis. Agar kalian bisa log in ke verval pd harus memiliki akun sdm kemendikbud dulu. karena aplikasi ini adalah dari kemendikbud yang dintegrasikan dengan data Emis Kemenag. 

5. BIOUN, MA alamatnya silahkan klik disini, MTs alamatnya silahkan klik disini, MI alamatnya silahkan klik disini

    pangkalan data ini biasanya digunakan untuk penomoran peserta ujian, data dasarnya dari Emis dan juga Verval PD. artinya kalau ada data yang masih salah maka proses editing atau perbaikanya harus di Emis dan Verval PD.

6. ANBK, alamatnya silahkan klik disini

    pangkalan data ini digunakan untuk proses ujian atau asessemen, data dasarnya dari Emis dan juga Verval PD serta Bioun. artinya kalau ada data yang masih salah maka proses editing atau perbaikanya harus di Emis dan Verval PD. adapun fungsinya adalah untuk pengaturan Server Ujian, Sesi Ujian, Cetak Daftar Hadir Ujian, Kartu Ujian.

7. AKMI, alamatnya silahkan klik disini

    pangkalan data ini digunakan untuk proses ujian atau asessemen khusus kementerian agama, data dasarnya dari Emis . artinya kalau ada data yang masih salah maka proses editing atau perbaikanya harus di Emis. adapun fungsinya adalah untuk pengaturan Server Ujian, Sesi Ujian, Cetak Daftar Hadir Ujian, Kartu Ujian Kementerian Agama.

8. SDM, alamatnya silahkan klik disini

    pangkalan data ini digunakan untuk proses pembuatan akun agar bisa mengakses vervalpd dan aplikasi kemendikbud lainya kalau kita operator kemendikbud kita bisa akses verval sp, vervalpd, vervalptk, info.gtk, vervalyayasan dan lain-lain tapi karena kita operator kemenag hak akses kita dibatasi hanya pada vervalpd dan verval sp.

9. VERVAL YAYASAN, alamatnya silahkan klik disini

    pangkalan data ini digunakan untuk proses pembuatan akun yayasan. kenapa ada verval yayasan karena untuk di Kemendikbud itu proses input PTK baru untuk sekolah swasta harus melalui yayasan. bagaimana dengan kita madrasah. jika madrasah yang satu yayasan dengan sekolah maka tidak usah buat ini, cukup minta ditambahkan saja oleh yayasan data lembaga kita di verval yayasan oleh operator yayasan.

Demikian kawan-kawan untuk bahan bacaan operator pemula, mungkin ini tidak lengkap masih ada beberapa pangkalan data yang belum disebutkan, karena yang disebutkan disini hanya sebatas pengalaman dari pembaca saja yah kawan-kawan semua.
jika website ini bermanfaat silahkan dishare. kritik dan saran sangat kami nanti di kolom komentar terima kasih

Post a Comment for "PENDATAAN DI KEMENTERIAN AGAMA RI, OPERATOR MADRASAH WAJIB TAHU"