Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tunjangan Inpassing 98.972 Guru Non ASN Bersertifikat Pendidik Akan Segera Disalurkan

Salam Sejahtera Sahabat Semua

Kabar gembira untuk para guru sertifikasi yang sudah diinpassingkan tahun 2023, pencairan program inpassing ini akan semakin teralisasikan berikut informasinya, silahkan. 


Tunjangan untuk 98.972 guru madrasah non-ASN yang telah menerima Surat Keputusan (SK) penyetaraan jabatan fungsional melalui proses penyesuaian (Inpassing) Kementerian Agama (Kemenag) akan segera disalurkan, demikian dijamin oleh Kantor Staf Presiden.

Abetnego Tarigan, Deputi II Kepala Staf Kepresidenan, menjelaskan bahwa Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah mengalokasikan dana sekitar Rp 1,8 triliun untuk membayarkan tunjangan kepada 98.972 guru inpassing yang telah lama berdedikasi. Setiap guru diharapkan akan menerima tunjangan sebesar Rp 1,4 juta per bulan.

Untuk memperlancar pencairan tunjangan tersebut, Abetnego menyatakan bahwa Kantor Staf Presiden sedang mendorong Menteri Agama untuk segera mengirim surat resmi ke Menteri Keuangan. Surat tersebut diharapkan berisi kerangka acuan kerja, rincian anggaran, hasil review dari APIP, SK Inpassing, serta perincian perhitungan guru penerima tunjangan yang valid.

Abetnego menegaskan bahwa berkat koordinasi intensif antara Kemenag dan Kantor Staf Presiden, Kemenkeu telah memberikan persetujuan untuk pembayaran tunjangan guru inpassing. Saat ini, langkah selanjutnya adalah Menteri Agama mengajukan surat ke Menteri Keuangan, termasuk mengirimkan SK Inpassing.

Deputi Bidang Pembangunan Manusia KSP menyebutkan bahwa peran Kantor Staf Presiden dalam menyelesaikan isu keuangan guru non-ASN dari Kemenag dimulai setelah KSP menerima audiensi dari Perkumpulan Guru Inpassing Nasional pada 2 Februari 2023, dan demonstrasi guru madrasah non-ASN pada 26 Juni 2023. Pada pertemuan tersebut, tuntutan utama adalah pemberian hak keuangan yang setara dengan guru ASN.

Sebagai tindak lanjut, KSP telah mengadakan beberapa kali rapat koordinasi dengan Dirjen Pendis Kemenag dan Dirjen Anggaran Kemenkeu. Akhirnya, Kemenag mengeluarkan SK Inpassing untuk 98.972 guru, dan Kemenkeu siap mengalokasikan anggaran untuk pembayaran tunjangan.

Abetnego menyoroti bahwa meskipun masalah inpassing ini telah berlangsung bertahun-tahun, penyelesaiannya berhasil dicapai hanya dalam waktu 5 bulan. Hal ini dianggap sebagai hadiah dari Presiden Joko Widodo kepada guru madrasah non-ASN menjelang peringatan Hari Guru. Sebelumnya, Kementerian Agama telah mengeluarkan SK penyetaraan jabatan fungsional bagi 98.972 guru madrasah non-ASN melalui program inpassing, dengan tujuan agar mereka memperoleh golongan yang setara dengan guru ASN. Proses inpassing ini merupakan pengakuan terhadap kualifikasi akademik, masa kerja, dan sertifikat pendidik guru madrasah non-ASN dengan menggunakan angka kredit setara dengan jabatan fungsional guru ASN.

Sumber : Kemenag RI

Demikian informasi penting ini, semoga kita semua dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa serta diberikan kesehatan selalu aaamiin. Semoga website ini mampu memberikan manfaat untuk semua. Follow website ini juga dengan klik ikuti/follow dan Jangan lupa SUBCRIBE, LIKE, COMMENT & SHARE Channel www.youtube.com/c/AmpuhTutorials 

Agar tidak ketinggalan informasi silahkan bisa bergabung ke : 
1. Klik Gabung FB : Grup FB Ampuh Tutorials
2. Klik Gabung Youtube : www.youtube.com/c/AmpuhTutorials
3. Kalau ada yang ingin berdonasi silahkan klik : https://saweria.co/ampuhtutorials
Terima kasih tetap semangat selalu sahabat semua

Post a Comment for "Tunjangan Inpassing 98.972 Guru Non ASN Bersertifikat Pendidik Akan Segera Disalurkan"