Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Persiapan Pelaksanaan Akreditasi Tahap 2 dan 3 Tahun 2023 Provinsi Jawa Barat


Salam sejahtera sahabat,

Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah Provinsi Jawa Barat, telah mengumumkan Persiapan Pelaksanaan Akreditasi Tahap 2 dan 3 Tahun 2023 sesuai surat edaran nomor : 321/BAN-SM-P/TU/V/2023 Tertanggal 22 Mei 2023 Perihal Tentang Persiapan Pelaksanaan Akreditasi Tahap 2 dan 3 Tahun 2023, adapun isi dari surat tersebut sebagai berikut:

Yth.
1. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat
2. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat
3. Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan Provinsi I-XIII
4. Kepala Dinas Pendidikan Kab/Kota se-Jawa Barat
5. Kepala Kantor Kementerian Agama Kab/Kota se-Jawa Barat
6. Koordinator Pelaksana Akreditasi Kab/Kota se-Jawa Barat
di Tempat

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Disampaikan dengan hormat, sesuai dengan edaran yang disampaikan oleh BAN-S/M terkait dengan Akreditasi S/M Tahap 2 dan 3 Tahun 2023 kami sampaikan beberapa hal sebagai berikut:
1. Untuk S/M yang menjadi sasaran akreditasi di tahun 2023 (sebagaimana daftar S/M yang kami sampaikan dalam pemberitahuan Tahap 1) karena sertifikat akreditasinya akan berakhir masa berlakunya, kami mohon untuk memeriksa kembali sispena S/M-nya dan pastikan ajuan permohonan untuk akreditasi-nya telah diisi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
2. Kami ingatkan kembali bahwa S/M yang harus mengikuti akreditasi ulang, pengajuan dan pengisian DIA dilakukan selambat-lambatnya 6 (enam) bulan sebelum masa berlaku sertifikat berakhir. Jika S/M tidak melakukan hal tersebut, maka sertifikat akreditasinya tidak akan diperpanjang sehingga Status Akreditasi yang saat ini dimiliki akan dikedaluwarsakan.
3. Prioritas S/M yang menjadi sasaran akreditasi adalah:
a. Pertama: S/M yang Belum Terakreditasi, Kedaluwarsa, dan Tidak Terakreditasi yang belum divisitasi pada Tahap 1 Tahun 2023.
b. Kedua: S/M yang mendapatkan perpanjangan otomatis selama 1 (satu) tahun pada tahun 2022.
c. Ketiga: S/M yang hasil dasbor tahun 2023 menunjukkan indikasi penurunan kinerja.
d. Keempat: S/M yang hasil dasbor tahun 2023 menunjukkan indikasi peningkatan kinerja dan terverifikasi berdasarkan bukti-bukti lainnya.
4. Kegiatan Akreditasi Tahap 2 dan 3 direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Juli s.d September 2023.

Untuk peningkatan kualitas pelaksanaan Akreditasi S/M di Provinsi Jawa Barat selanjutnya, sebagai hasil evaluasi dari pelaksanaan pada Tahap 1 Tahun 2023 yang baru selesai karena masih adanya hal-hal yang dapat menggagalkan efektivitas dan munculnya ketidakefisienan pelaksanaannya, kami mohon agar:
1. S/M serta pihak-pihak terkait lainnya untuk senantiasa mengindahkan Norma dan Kode Etik yang telah ditetapkan serta menunjukkan komitmen yang tinggi untuk mengimplementasikannya dalam pelaksanaan Akreditasi S/M
2. S/M harus menunjukkan kemauan dan keberanian menghindari dan mengingatkan pihak-pihak manapun yang mencoba mengarahkan atau meminta untuk melakukan hal-hal yang dikategorikan melanggar Norma dan Kode Etik Akreditasi S/M.
3. Untuk pelaksanaan Akreditasi, S/M:
a. Dilarang melakukan penyambutan/penghormatan yang berlebihan kepada asesor, termasuk mengikuti arahan pihak lain atau melaksanakan acara pertemuan dengan asesor di luar acara visitasi di lingkungan S/M, termasuk fasilitas asesor yang sudah diberikan oleh BANS/M.
b. Tidak diperkenankan memberikan sesuatu/hadiah, baik berupa barang dan/atau uang, kepada Asesor, Anggota, atau Sekretariat BAN-S/M Provinsi Jawa Barat.
c. Dilarang untuk membuat kesepakatan atau melakukan negosiasi dengan asesor atau pihak terkait lainnya dalam hal apapun yang akan mengganggu obyektivitas penilaian yang dilakukan asesor selama visitasi S/M.

Untuk informasi lebih lanjut terkait dengan pelaksanaan Akreditasi S/M Tahap 2 Tahun 2023, Bapak/Ibu/Saudara dapat menghubungi Tim Sekretariat BAN-S/M Provinsi Jawa Barat yaitu:
1. Bp. Dadan Ramdan (+62 822-1453-8944)
2. Bp. M. Taufiq Hidayatullah (+62 877-2252-2250)
Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kerja sama baik Bapak/Ibu/Saudara untuk senantiasa mewujudkan Akreditasi S/M di Provinsi Jawa Barat yang berkualitas, efektif dan efisien, kami sampaikan terima kasih.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Untuk surat resmi silahkan lihat berikut ini adalah surat resmi terkait hal diatas :


Demikian informasi penting ini, semoga kita semua dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa serta diberikan kesehatan selalu aaamiin. Semoga website ini mampu memberikan manfaat untuk semua. Follow website ini juga dengan klik ikuti/follow dan Jangan lupa SUBCRIBE, LIKE, COMMENT & SHARE Channel www.youtube.com/c/AmpuhTutorials  

Agar tidak ketinggalan informasi silahkan bisa bergabung ke 

  1. Klik Gabung : Grup FB Ampuh Tutorials
  2. Klik Gabung : Grup Whatssap Perdana Ampuh Tutorials

Terima kasih tetap semangat selalu sahabat semua 

Post a Comment for "Persiapan Pelaksanaan Akreditasi Tahap 2 dan 3 Tahun 2023 Provinsi Jawa Barat"