Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kompetisi Sains Madrasah Tahun 2024 Menggunakan Format Baru

Salam Sejahtera Sahabat Semua,

Semoga dalam keadaan sehat wal afiat dan tetap semangat, Kementerian Agama Republik Indonesia melalui laman kemenag.go.id sudah mengabarkan tentang akan adanya format baru untuk Kompetensi Sains Madrasah atau yang biasa disebut KSM Tahun 2024 ini.

Kementerian Agama akan kembali menggelar Kompetisi Sains Madrasah (KSM) pada tahun 2024, dengan Maluku Utara sebagai penyelenggara KSM tingkat Nasional. KSM merupakan ajang rutin bagi siswa madrasah untuk menunjukkan prestasi dalam bidang sains. 


Namun, KSM tahun 2024 memiliki perbedaan dengan tahun sebelumnya, dengan adanya format lomba yang berbeda dan sistem seleksi yang proporsional. Lomba dibagi menjadi dua kategori, yaitu Individu dan Beregu. 

Meskipun begitu, hingga saat ini, Direktorat KSKK Madrasah belum mengeluarkan Petunjuk Teknis (Juknis) KSM Kemenag Tahun 2024, sehingga masih perlu ditunggu ketentuan rinci terkait pelaksanaannya. KSM Kemenag dilaksanakan secara berjenjang, dimulai dari tingkat madrasah, Kab/Kota, dan Provinsi, hingga pemenang tingkat provinsi akan maju ke KSM Nasional di Maluku Utara.

Format Baru Bidang Lomba KSM Tahun 2024

Pelaksanaan kompetisi sains madrasah (KSM) di Tahun 2024 ini sebagaimana mengutip laman pendis.kemenag.go.id bahwa ada berbagai cabang lomba sains yang akan diuji yaitu sebagai berikut:

Bidang Lomba KSM 2024 Jenjang MI
  1. Matematika Terintegrasi (Individu)
  2. IPAS Terintegrasi (Individu)
  3. Sosial Sains Terpadu (Matematika dan IPAS) - (Beregu).
Bidang Lomba KSM 2024 Jenjang MTs
  1. Matematika Terintegrasi (Individu)
  2. IPA Terintegrasi (Individu)
  3. IPS Terintegrasi (Individu)
  4. Sosial Sains Terpadu (Matematika, IPA dan IPS) - (Beregu).
Bidang Lomba KSM 2024 Jenjang MA
  1. Matematika Terintegrasi (Individu)
  2. Biologi Terintegrasi (Individu)
  3. Fisika Terintegrasi (Individu)
  4. Kimia Terintegrasi (Individu)
  5. Ekonomi Terintegrasi (Individu)
  6. Geografi Terintegrasi (Individu)
  7. Bidang lomba beregu Sosial Sains Terpadu (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Geografi, ekonomi).

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2024 merupakan ajang untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) siswa madrasah yang memiliki kemampuan dalam menggunakan intangible assets yaitu pengetahuan, kompetensi belajar dan jaringan agar dapat memasuki dan memenangkan persaingan global.

Dengan adanya format baru dalam bidang lomba KSM 2024 ini diharapkan dapat menjadikan KSM lebih semarak serta bervariasi dalam bidang yang di lombakan, sehingga dapat menumbuhkan kompetisi yang kmpetititif diatara siswa madrasah. Adapun untuk Petunjuk Teknis KSM 2024 nanti dapat di unduh dilaman https://ksm.kemenag.go.id/, namun sampai artikel ini dirilis belum ada info terbaru.

Demikian informasi penting ini, semoga kita semua dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa serta diberikan kesehatan selalu aaamiin. Semoga website ini mampu memberikan manfaat untuk semua. Follow website ini juga dengan klik ikuti/follow dan Jangan lupa SUBCRIBE, LIKE, COMMENT & SHARE Channel 

Agar tidak ketinggalan informasi silahkan bisa bergabung ke 

  1. Klik Gabung FB : Grup FB Ampuh Tutorials
  2. Klik Gabung Youtube : www.youtube.com/c/AmpuhTutorials
  3. Kalau ada yang ingin berdonasi silahkan klik : https://saweria.co/ampuhtutorials

Terima kasih tetap semangat selalu sahabat semua

Post a Comment for "Kompetisi Sains Madrasah Tahun 2024 Menggunakan Format Baru"