Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Juknis Myres Tahun 2024

Salam sejahtera sahabat,

Apa sih MYRES itu?, MYRES adalah Madrasah Young Researchers Supercamp, program ini diadakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia untuk memfasilitasi dan menuangkan bakat minat menulis dan ide kreatif hasil karya peserta didik madrasah. Dilaksanakan untuk jenjang MTs dan MA dengan perjenjang dari tingkat Madrasah, kemudian Kabupaten, kemudian Provinsi dan Puncaknya secara Nasional. 

Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, telah mengumumkan tentang Petunjuk Teknis Madrasah Young Researchers Supercamp (MYRES) Tahun 2024 dengan surat edaran nomor : B-492.7/Dt.I.I/HM.01/05/2024 tertanggal 17 Mei 2024 perihal Petunjuk Teknis Madrasah Young Researchers Supercamp (MYRES) Tahun 2024, adapun isi dari informasi surat tersebut sebagai berikut :

Dalam rangka pelaksanaan Madrasah Young Researchers Supercamp (MYRES) Tahun 2024, Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam telah menerbitkan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Madrasah Young Researchers Supercamp (MYRES) Tahun 2024. Surat Keputusan ini bertujuan agar pelaksanaan MYRES yang rangkaian acaranya dimulaidari bulan Maret sampai dengan September Tahun 2024. Sehubungan dengan hal tersebut bersama ini disampaikan SK Dirjen Nomor 2311 Tahun 2024, tentang Petunjuk Teknis Madrasah Young Researchers Supercamp (MYRES) Tahun 2024.

Tujuan Kegiatan
Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah sebagai berikut:
1. Menanamkan cara berpikir, bersikap, bertindak secara ilmiah berdasarkan olah data kepada peserta didik madrasah;
2. Meningkatkan kemampuan dasar penelitian, berpikir logis dan analitis, serta keterampilan berkomunikasi dan menulis karya ilmiah;
3. Memberikan peluang kepada peserta didik madrasah untuk menggali dan mengembangkan gagasan, kemampuan dan kreatifitasnya dalam hal penelitian;
4. Meningkatkan integritas, kepercayaan diri, kepedulian, serta kemampuan bekerjasama dan beradaptasi dengan situasi dan kondisi yang melingkupi kehidupan sehari-hari;
5. Mengembangkan budaya riset di kalangan peserta didik madrasah.

Bentuk Kegiatan
Bentuk dari kegiatan ini adalah mensosialisasikan, menyeleksi, membimbing, hingga menentukan juara “Madrasah Young Researchers Supercamp Tahun 2024” tingkat nasional untuk jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA). Adapun tahapannya adalah sebagai berikut:
1. Persiapan
Kegiatan ini berupa penyiapan dokumen petunjuk teknis pelaksanaan kegiatan “Madrasah Young Researchers Supercamp Tahun 2024”.
2. Sosialisasi 
Kegiatan ini merupakan bentuk diseminasi program dan berbagai tahapan kegiatan “Madrasah Young Researchers Supercamp Tahun 2024”.
3. Pendaftaran
Kegiatan ini merupakan tahap di mana seluruh siswa MA dan MTs di seluruh Indonesia akan mendaftarkan diri untuk mengikuti kegiatan “Madrasah Young Researchers Supercamp Tahun 2024”.
4. Seleksi
Setelah sosialisasi dan pendaftaran, tahapan kegiatan selanjutnya adalah seleksi administrasi (kelengkapan persyaratan dan cek similarity) dan proposal (subtansi dan seminar proposal).
5. Presentasi Proposal
Peserta terpilih dari seleksi proposal akan mempresentasikan proposalnya.
6. Pelaksanaan Penelitian dan Bimbingan
Kegiatan ini berupa pelaksanaan penelitian (pencarian, pengolahan dan analisis data, serta penulisan laporan) dan pembimbingan. Peserta pada tahap ini adalah yang terpilih dari tahap presentasi proposal.
7. Presentasi Hasil Penelitian
Setelah melaksanakan penelitian (pencarian, pengolahan dan analisis data, serta penulisan laporan) dan bimbingan, para peserta akan mempresentasikan hasil/laporan penelitian.
8. Grand Final, Expo Hasil Penelitian dan Apresiasi
Kegiatan ini merupakan tahap akhir rangkaian kegiatan “Madrasah Young Researchers Supercamp Tahun 2024”. Pada tahap ini grand finalis melakukan presentasi, pameran hasil penelitian. Sebagai puncak dari kegiatan ini adalah pemberian apresiasi terhadap para juara MYRES tingkat MA dan MTs.

Materi Kegiatan
Kegiatan Madrasah Young Researchers Supercamp (MYRES) 2024 ini memiliki tagline “Menyiapkan Generasi Emas yang Peka Lingkungan, Memiliki Pola Pikir dan Bersikap Ilmiah”. Adapun materi atau bidang yang dikompetisikan adalah sebagai berikut:



Waktu Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan “Madrasah Young Researchers Supercamp Tahun 2024” ini dilaksanakan pada Tahun 2024 dengan rincian waktu pelaksanaan sebagaimana berikut :

Persyaratan
1) Peserta
(a) Warga Negara Indonesia (WNI);
(b) Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kelas VII, VIII dan Madrasah Aliyah (MA) Kelas X, XI, pada tahun pelajaran 2023/2024;
(c) Peserta bisa perorangan maupun kelompok (maksimal tiga orang) yang terdiri dari ketua dan anggota. Penelitian yang dilakukan berkelompok antar madrasah, penetapan Nama Madrasah yang dicantumkan di dalam Lampiran 5 adalah Madrasah Asal Siswa yang ditetapkan menjadi Ketua dengan rekomendasi Kepala Madrasah terkait.
(d) Peserta perorangan hanya diperbolehkan mengirim 1 (satu) judul/proposal penelitian dan memilih satu bidang;
(e) Peserta kelompok dapat berasal dari satu atau gabungan beberapa madrasah. Peserta kelompok hanya diperbolehkan mengirimkan 1 (satu) judul;
(f) Setiap Madrasah atau gabungan madrasah hanya dapat mengirimkan maksimal 5 (lima) proposal untuk setiap bidang;
(g) Peserta belum pernah menjadi juara 1 MYRES pada bidang dan jenjang yang sama;
(h) Peserta melampirkan surat pernyataan keaslian karya, belum pernah atau tidak sedang mengikuti lomba/kompetisi penelitian lainnya dan belum pernah atau tidak sedang dalam proses penerbitan;
(i) Peserta melampirkan Surat Pengantar Kepala Madrasah;
(j) Peserta wajib mengisi formulir pendaftaran dan mengunggah seluruh dokumen persyaratan;
(k) Apabila peserta tidak memenuhi persyaratan yang telah ditentukan maka yang bersangkutan dinyatakan gugur;
(l) Apabila peserta terbukti melakukan plagiat maka madrasah yang bersangkutan tidak diperbolehkan mengikuti kegiatan dimaksud selama 3 tahun berturut-turut;
(m) Setiap peserta berhak didampingi oleh pembimbing.

2) Pembimbing
(a) Pembimbing adalah guru madrasah dimana siswa berasal.
(b) Satu judul penelitian dibimbing maksimal 2 (dua) pembimbing.
(c) Pembimbing bertanggung jawab menanamkan kemandirian untuk berpikir, bersikap, dan bertindak ilmiah kepada peserta didik di dalam penelitiannya.
(d) Pembimbing bertugas menjadi konsultan dalam penelitian yang dilakukan oleh peserta didik.(e) Pembimbing dilarang mendikte, memaksa, dan mengintervensi kepada peserta di dalam penelitiannya.

3) Pendaftaran
Pendaftaran dan pengunggahan proposal penelitian
(a) Peserta mengisi e-formulir pendaftaran
(b) Peserta mengisi e-proposal
(c) Peserta mengunggah proposal dan dokumen kelengkapan
(d) Poin 1, 2, dan 3 dilakukan pada laman: https://madrasah.kemenag.go.id/myres2024 paling lambat
tanggal 26 Juni 2024.

Untuk informasi lebih lengkap bisa unduh Petunjuk Teknik Lengkap Myres Tahun 2024 dibawah ini yah :

Sahabat semua kami sedang merintis pondok pesantren dengan nama pesantren Modern Babakan Turi di daerah kami infonya ada dibawah ini yah, mohon doa dan dukungannya dari sahabat semua, semoga semuanya lancar. aaaaamiin 

Dan apabila dari sahabat ada yang ingin memberikan sumbangsih kepada pondok pesantren kami, silahkan dibawah ini :

Demikian informasi penting ini, semoga kita semua dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa serta diberikan kesehatan selalu aaamiin. Semoga website ini mampu memberikan manfaat untuk semua. Follow website ini juga dengan klik ikuti/follow dan Jangan lupa SUBCRIBE, LIKE, COMMENT & SHARE Channel 

Agar tidak ketinggalan informasi silahkan bisa bergabung ke 

  1. Klik Gabung FB : Grup FB Ampuh Tutorials
  2. Klik Gabung Youtube : www.youtube.com/c/AmpuhTutorials
  3. Kalau ada yang ingin berdonasi silahkan klik : https://saweria.co/ampuhtutorials

Terima kasih tetap semangat selalu sahabat semua

Post a Comment for "Juknis Myres Tahun 2024"