Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Juknis KSM Tahun 2023

Salam sejahtera sahabat semua

Kompetisi Sains Madrasah atau yang lebih kita kenal dengan KSM pada tahun 2023 ini akan dilaksanakan kembali program dari Kementerian Agama Republik Indonesia ini adalah dalam rangka pengembangan dan penguatan ilmu pengetahuan dan teknologi, peningkatan mutu dan daya saing madrasah terutama dalam bidang sains, perlu menyelenggarakan kegiatan kompetisi sains madrasah.

Kompetisi sains madrasah juga merupakan sebuah kegiata yang digelar dan diadakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia sebagai wahana membangun ghirah kompetisi sains di kalangan siswa madrasah. Sejak awal digelar (tahun 2012), KSM telah menjadi ajang yang positif dalam membangun budaya kompetisi dan mulai tahun 2018 KSM berupaya mengelaborasi sains dengan konteks nilai-nilai Islam. Integritas sains dan konteks nilai-nilai Islam dalam KSM meliputi :

1. Soal-soal sains dalam KSM dielaborasi dengan konteks yang ada dalam Al-Qur'an;

2. Soal-soal sains dalam KSM menggali konsep serta terapan yang ada dalam Islam semisal zakat, falak dan tema lainnya dimaksudkan agar siswa tetap mengkaji konsep keislaman dengan sains yang holistik;

3. Soal keilmuan sains murni, ini dilakukan sebagai upaya tetap menyejajarkan siswa-siswa madrasah dengan siswa-siswa olimpiade sains di madrasah.

Berdasarkan pemikiran tersebut, Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam pada tahun 2023 kembali akan menyelenggarakan rangkaian kegiatan KSM. Kegiatan tersebut akan dimulai dari KSM tingkat Satuan Pendidikan (madrasah), KSM tingkat Kabupaten/Kota, KSM tingkat Provinsi hingga KSM tingat Nasional yang akan dilaksanakan di Kendari.

KSM tahun 2023 ini, soal akan menggunakan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, atau Bahasa Arab. Hal ini merupakan bentuk persiapan kegiatan KSM di masa mendatang yang akan Go Internasional, berkompetisi dengan beberapa negara sahabat. 

Catat tanggal penting KSM 2023 :

Agar sahabat semua bisa mengikuti runtutan kegiatan KSM ini dengan baik dan benar silahkan bisa dwonload Petunjuk Teknis Penyelenggarakan KSM Tahun 2023 dengan klik gambar bawah ini :


Semoga bermanfaat untuk semuanya. terima kasih. sukses selalu dalam kegiatan KSMnya


CONTOH-CONTOH SOAL KSM TINGKAT MTS SILAHKAN

1. IPA
2. IPS
3. MATEMATIKA

Demikian informasi penting ini, semoga kita semua dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa serta diberikan kesehatan selalu aaamiin. Semoga website ini mampu memberikan manfaat untuk semua. Follow website ini juga dengan klik ikuti/follow dan Jangan lupa SUBCRIBE, LIKE, COMMENT & SHARE Channel www.youtube.com/c/AmpuhTutorials  

Agar tidak ketinggalan informasi silahkan bisa bergabung ke : Grup FB Ampuh Tutorials

Terima kasih tetap semangat selalu sahabat semua

Post a Comment for "Juknis KSM Tahun 2023"