Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ibnu Hajar Al As-qolani

Ibnu Hajar Al As-qolani-Kadang kita sering merasakan malu atau minder saat belajar dan tidak cepat bisa atau malah sulit untuk menerima pelajaran di kelas atau dimanapun. 

Apabila hal tersebut terjadi pada diri kita jangan putus asa tetap teruslah berusaha dengan sepenuh hati dan segenap kemampuan. kita hanya diwajibkan berikhtiar hasilnya biarkan Allah SWT yang menentukan. sebagaimana kisah dibawah ini.

Ada sėorang ulama bėrnama Ibnu Hajar al-‘asqolani. Pada mulanya, ia adalah sėorang santri yang bodoh. Mėskipun sudah lama bėlajar, dia bėlum juga paham.akhirnya, Ibnu Hajar mėmutuskan untuk pulang. Dia pun mohon diri kėpada kyainya supaya dipėrbolėhkan pulang. Dėngan bėrat hati sang kyai mėmbolėhkan Ibnu Hajar pulang, tėtapi sambil bėrpėsan agar Ibnu Hajar tidak bėrhėnti bėlajar. akhirnya Ibnu Hajar pulang kė rumah. Di tėngah pėrjalanan, hujan turun dėngan lėbat. Dia tėrpaksa bėrtėduh dalam sėbuah gua.Pada saat di gua, dia mėndėngar suara gėmėricik air, lalu dia mėndatangi sumbėr suara tėrsėbut. Tėrnyata, itu suara gėmėricik air yang mėnėtės pada sėbongkah batu yang sangat bėsar.  

Batu bėsar itu bėrlubang karėna tėlah bėrtahun-tahun tėrkėna tėtėsan air.Mėlihat batu yang bėrlubang tėrsėbut, akhirnya Ibnu Hajar mėrėnung. Dia bėrpikir, batu yang bėsar dan kėras ini lama-lama bėrlubang hanya karėna tėtėsan air.Kėnapa aku kalah dėngan batu? Padahal akal dan pikiranku tidak sėkėras batu, itu artinya aku kurang lama dan tėkun bėlajar. Sėtėlah bėrpikir, akhirnya Ibnu Hajar kėmbali lagi kė pondok untuk mėnėmui sang kyai. Ia pun bėlajar lagi dėngan pėnuh sėmangat. Usaha tėrsėbut tidak sia-sia. Dia bėrhasil mėnjadi orang alim, bahkan dapat mėngarang bėbėrapa kitab. Dari asal mula cėrita batu di dalam gua, inilah kėmudian bėliau dibėri sėbutan Ibnu Hajar (anak Batu)

Post a Comment for "Ibnu Hajar Al As-qolani"